Sekilas Info
Home | Inspirasi | GEDUNG DENGAN 160 EMBER (MusTel part-I)

GEDUNG DENGAN 160 EMBER (MusTel part-I)

“Silakan pak menikmatinya, pernah sampai 160 ember digunakan untuk menjaga agar akibat bocor, air hujan tidak kemana-mana” kata seseorang di depan gedung Mustel.

mUSTEL 1Mustel. Mustel adalah singkatan dari museum telekomunikasi. Lokasinya berjajar dengan berbagai museum di kompleks TMII Jakarta Timur. TMII sendiri merupakan tempat wisata edukatip multi dimensi tentang ke INDONESIA an.

Hanya dengan 30 ribu untuk dua orang dewasa, sudah termasuk mobil dan free of charge untuk parking kendaraan dimana pun di dalam TMII.

Kita bisa me-refresh diri betapa indahnya INDONESIA.

Mustel 3Bukan saja melihat dengan skala miniatur tentang luasnya negri kita, tentang beragamnya bentuk bangunan adat dari berbagai suku bangsa di negri kita, berbagai flora dan fauna yang ada di negri kita, juga sampai berbagai penerapan teknologinya – termasuk teknologi telekomunikasi – ya di MusTel.

Rabu, 11 Nopember 2015 MusTel masih sepi, pintu tertulis “CLOSED/TUTUP”, namun di dalam ada penunggu laki2 dan Niken – staf Mustel wanita serta Husein- satpam.

Mustel 2Ini adalah sudut terindah yang ada di MusTel. Gedungnya memang dirancang serius, baik konsepnya  maupun interior dan “atmosfir” yang terkesan digarap dg mikir.

“Para pengunjung, khususnya yang dari rombongan insinyur sering mengucapkan kagum dengan rancangan ini. Konsepnya adalah orang tergiring tanpa terasa sudah sampai di lantai 3.

Selain materinya bagus2, film dokumenternya juga bagus, pengunjung bilang sayangnya tidak terawat” – kata Huesin.

Kini lebih banyak sudut2 yang tidak indah dan terkesan kumuh serta aroma apek jamur amat terasa dimana2. Seperti memasuki “fosil museum”.

Mustel 5Ada 160 Ember. Kalau rumahnya orang miskin, bisa dipahami jika di dalamnya terdapat beberapa ember untuk menampung kebocoran air hujan.

Namun ………. jika hal ini terjadi di museum dimana penyokongnya adalah perusahaan tajir yang bergerak di bidang telekomunikasi. Menurut Anda bagaimana ?

Menurutku : “Ini luarrr biasa !!!! bukankah sekedar nyumbang bus wisata kota atau kegiatan CSR lainnya terbukti bisa dilakukan ? Mungkin “memelihara napak tilas sejarah seperti ini terlupakan, beruntung bung Karno berpesan JASMERAH !!!  ”.

Mustel 6Beruntung juga, pada hari pahlawan 2015, Menkominfo pak Rudiantara dan salah satu tokoh telekomunikasi Indonesia – pak Garuda Sugardo mengunjungi Mustel itu pada hari pahlawan 2015.

“Sehingga mendapatkan gambaran jelas. Paling tidak bisa melihat langsung kondisinya” kata pak Husein – satpam Mustel yang menerima saya dg keramahan senyumannya bercerita panjang lebar.

Husein bukan sekedar satpam biasa. Ia menjadi “pelaku perkembangan” Mustel ini sejak jaman masih dibangun. Mulanya ia sebagai bagian dari pekerja yang memasang interior. Lalu intermiten menjadi satpam di kantor Telkom dan kini ke Mustel lagi.

Menurut pengamatan Husein,  dalam kunjungan kemarin “kedua beliau – pak Rudiantara dan pak Garuda, menaruh perhatian besar dan merasa prihatin dengan kondisi tersebut”.

Indonesia is the bestMateri Bagus. Secara sederhana, Mustel perlu rehab total dan materinya banyak yang bagus namun perlu dilengkapi – di update secara berkelanjutan.

Hanya bangsa Indonesia yang mengalamai dan menjadi pelaku evolusi teknologi telekomunikasi sejak jaman nusantara secara begitu lengkap !!!! luarrrr biasa bukan ?.

Sejak teknologi morse sampai teknologi gadget. Sejak teknik gelombang HF melalui radio troposcatter sampai transminis orthogonal melalui sejumlah variasai media mulai satelit sampai fibre optic, bangsa Indonesia memiliki knowledge dan artefact sebagai operator dan pengguna teknologi telekomunikasi.

Ini modal besar bagi kepercayaan diri sebagai bangsa dalam bersanding dengan bangsa2 lain, sekaligus kebanggan yang layak menjadi bekal generasi penerus.

Dengan kondisi “160 ember”,  Mustel terancam menjadi “fosil museum”di tengah2 lingkungan yang semakin bagus dan terpelihara.

Amat disayangkan jika generasi penerus kehilangan rendezvous point dalam melangkah ke depan di negri yang memiliki knowlwdge asset begtu hebat pengalaman dan pengetahuan di bidang teknologi dan operasi telekomunikasi sampai ke ICT nan begitu lengkap,.

Beberapa materi akan kami sajikan kemudian.

Begitu apa begitua ya ??

Ya Emangbegitu

 

 

 

Scroll To Top