Sekilas Info
Home | Jalan-jalan | GUNUNG KELUD

GUNUNG KELUD

Wisata ke gunung Kelud itu ternyata banyak keindahan :  jalannya mulus, indah pemandangan,  mobil bisa sampai mendekati puncak, parkiran di ujung deket puncak mampu menampung sekitar 80-100 mobil dan sejumlah motor, di ujung itu ada ojek motor dalam jumlah yang lebih dari 30 unit – yang akan menghantar menuju lebih atas lagi. Harga2 ojek, makanan, minuman serta jajanan di atas, memiliki keramahan terhadap lidah dan kantung……

IMG_2868Akses. Dari kota Kediri,  kita bisa langsung melalui kompleks pabrik gula Pesantren Baru atau melalui  triumph d’pal arc of Gumul.

Kedua akses itu memiliki kelebihannya masing2. Akses melalui kompleks pabrik gula Pesantren Baru, jalannya mulus dan lebar memadai.

Sementara jika melalui trium d’pal arc of Gumul alias simpanglima-nya Gumul, bisa ambil foto2 untuk narsis mirip di triumph d’pal arc di kota Paris -Perancis, atau sekedar memberikan hiburan basah2 kepada anak2 (repaja) di waterboom Gumul – Gumul Paradise Island.

Gumul ParadiseDari triumph d’pal arc of Gumul ini, bisa mengambil jalan menuju gunung Kelud atau menuju kompleks pabrik gula Pesantren Baru, kemudian menuju ke gunung Kelud.

Tidak ada hal yang spesifik di kompleks parbrik gulan ini kecuali untuk memahami “sisa2″ kejayaan industri gula pasir asli Indonesia.

Beberapa parbrik gulan serupa sudah “dihancurkan” oleh pembiaran yang (entah disengaja atau tidak), oleh manusia Indonesia itu sendiri. Misal di Kalibagor – Sokaraja.

Damar Mas Resort & Resto. Di perjalanan menuju gunung Kelud, baik itu via trium d’pal arc of Gumul maupun yang langsung via kompleks pabrik gula Pesantren Baru, beberapa kiolemter sebelum lokasi wisata gunung Kelud, terdapat Resort & Resto yang amat ramah di mata, di rasa dan disaku, yakni Damar Mas.

Damar Mas 1Restonya diletakan di semacam pendopo Jawa berbentuk bagunan joglo, di belakangnya ada kolam renang di sampingnya ada resortnya. Bagi yang menginap di resort, maka semua yang sarana yang ada adalah fasilitas yang free of charge, sedang bagi pengunjung resto dapat menikmati kolam renang dengan membayar sedikit uang.

Bisa mampir dulu di resort ini, namun yang saya jalani adalah menuju lokasi wisata dulu, baru ke resto & restor Damar Mas. Lokasi ini sangat pas jika untuk reuni (sekolah/almamater) atau gathering (employee, family atau community).

Kondisi JalanMendekati Lokasi. Beberapa ratus meter sebelum lokasi parkir, jalan relatip kecil dan tanjakan semakin terasa.

Namun, lebar dan kondisi jalan, memadai untuk simpangan dengan mobil dari arah sebaliknya dan kondisinya relatip mulus.

Parkir. Beberapa jarak setelah masuk ke area wisata (bayar 5 ribu per orang – saat itu), kita akan menjumpai parkir mobil/motor di tempat yang disediakan. Luas, beraspal mulus dan ada petugas parkir.  Ada toilet umum, ada kedai2 sekedar beli air mineral, minum kopi/teh hangat atau soto dan makanan santai jawatimuran.

parkirSelesai parkir (nantinya) mau kasih tips atau tidak silakan saja, karena saat masuk, mobil sudah dikenakan. Kalaupun ingin memberi tips sebaiknya tidak seperti valey,  cukup 2 ribu atau lebih juga boleh, nggak kasih tips juga nggak apa2, mereka tetep ramah.   Untuk ini salut buat pengelola dan pemerintah daerah setempat !!!!

Ojek Motor. Menuju lebih atas, tidak boleh ada kendaraan pribadi (mobil/motor) yang diperbolehkan, kecuali ojek motor yang sudah terdaftar. Selain medannya yang tidak semua orang mampu mengendarai – meski jalannya terlihat sudah beraspal.

Ojek MotorTernyata beberapa spot nampak berbahaya karena banyak retakan dan masih labil kondisi struktur tanahnya (bebatuan bercampur pasir). Jadi larangan ini untuk keselamatan semua pihak.

“voucher” ojek motor ini berlaku pergi & pulang dari dan kembali ke lokasi parkir, dengan harga 15 ribu per ojek motor (saat itu).  Motor dan pengemudinya bisa berbeda saat naik maupun saat turun, karena sistemnya FIFO.  Untuk anak usia di bawah 10 tahun (bergantung berat tubuhnya), bisa dibarengkan dengan ayah/bunda atau abangnya dalam satu ojek (satu “voucher”).

kemiringan jalan 1Jalan Kaki.  Ojek motor pun tidak boleh lebih atas lagi, karena tanjakannya semakin terjal dan kondisi struktur jalan belum stabil benar.  Disini, pengunjung berjalan kaki menaiki jalan ke arah yang lebih tinggi.

Pemandangan sekitarnya semakin asyik dan menarik. Suhu tidak terlalu dingin, cenderung biasa.  ”Padang pasir” bisa kita saksikan di seputar sela2 lereng yang terbentuk pasca letusan besar. Air terjun “baru” pun nampak di sela2 lereng sisi lain dari jalan yang kita lalui.

Anak2 bisa dan diperkenankan  di ajak serta sampai ke atas di batas yang diijinkan. Namun, sebaiknya dijaga betul, karena selain pasirnya menarik untuk duduk2, juga jalannya berada di antara dua lereng terjal dan berbatu kerikil.

Mirip Padang PasirFoto2 Panorama. Banyak fotografer cetak ditempat yang ramah dan mempunyai teknik serta saran yang memadai untuk mendapatkan gambar yang pas dan menarik. Harga per lembar cetak 10 ribu saja. Sebelum cetak, kita dipersilakan memiliih frame2 mana yang bagus dan ingin dicetak.kemiringan jalan 2

Satu momen shoot, biasanya 5-6 frame, namun kita boleh memilih hanya 1 frame saja. Pada umunya, akhirnya kita pilih semua secara sukacita karena mutu dan cara pengambilan gambar yang (menurutku) bagus. Bahkan dari cara dan sudut pengambilan gambar yang ada dalam hasil jepretan mereka yang kita cetak (beli), kita bisa mendapatkan “ilmu” motret yang memperkaya hasil jepretan sendiri (a la amatiran).

Wisata ini cocok untuk keluarga,  bagi yang hobi mendaki, maka lokasi umum ini perlu ditambah dengan lokasi khusus yang lebih menantang.

Bagaimanapun, pasca letusan besar, pemerintah setempat sudah bagus dalam mengembalikan kondisi infrastruktur jalan dan lokasi wisata.

Kebun kopi yang dulu sempat menjadi “hutan kopi” kini masih berupa “bakal hutan tanaman kopi”, daerah berpasir ditanami kebun nenas yang memang dikenal uenak suegerrr.

Bagi yang ingin memetik sendiri pun bisa, nanti tinggal bilang ke petugas dan akan dilayani sampai pengupasannya, sehingga pengunjung tinggal menyantapnya saja.

Monggo !!!!

Begitu apa begitua ya ?

Ya Emangbegitu.

 

 

 

 

Scroll To Top