Sekilas Info
Home | Inspirasi | TAMANSARI

TAMANSARI

Seputar amphiteatre di Italia dan salah satu sudut Tamansari di  Jogja, keduanya memiliki suasana yang eksotik.

Tamansari 1Jika anda tidak terlalu paham Jogja dan pengin mendapatkan suasana Tamansari, maka saya sarankan untuk menggunakan local guide atau pemandu setempat. Tanya ke siapa saja di Malioboro dimana parkir mobil paling deket lokasi Tamansari. Nah ….. kan dapat info.  Di lokasi parkir itu tanya pintu masuk ke Tamansari. Nah ….. kan dapat info. Kita bisa usil dikit bertanya  ”apa bisa minta tolong dipandu menyusuri semua sudut Tamansari ?”. Kalau pun mereka itu tidak bisa, mereka dengan ramah sedia mempertemukan dengan orang yang biasa memandu.  

Tamansari 0037 ChiFoe1Mintalah yang pemandu resmi atau mempunyai akses ke lokasi-lokasi yang jarang dikunjungi.  Sebaiknya jangan berombongan besar, cukuplah 3-8 orang.  Semakin sedikit jumlah orangnya, menjadi lebih nyaman dan lebih private. Tidak ada tarip khusus,  dan biasanya pemberian tips itu setelah semua sudut selesai atau atas permintaan kita karena kecape-an.  


Tamansari  3Dibanding di Italia, dimana tips guide itu di charge per orang dg kisaran 10-15 euro, maka disini kurang lebih setara 10 euro untuk satu small group ( 3-8 orang).  

Jika anda ingin mencoba masakan citarasa kerajaan, maka ada semacam royal restaurant, dengan pelayanan yang juga khusus. Pemandu itu,  juga ada yang bisa membantu untuk reservasinya.

Nikmati saja semua panduan perjalanan dan penjelasan dari guide tersebut. Sebaiknya langkahkan kaki kita dengan nggak usah terburu-buru. Agar mendapatkan nuansa Tamansari, cobalah luangkan waktu untuk menikmati keliling dan menyusuri sudut-sudut Tamansari sekitar 2 jam.

Tamansari 0048 Chi Foe 2Selain kamera dan memory yang cukup, jangan lupa bawa minum, misal air mineral.

Ternyata, pada jaman dulu, Kraton Jogja ( istana kerajaan Ngayogya- karta ) sudah punya spa, kolam renang bidadari,  tempat pesta, sistem pengkodisian udara,  bunker, tempat ibadah di bawah tanah, dll.

Jogja tercatat sebagai otoritas kerajaan yang langsung meleburkan diri dalam NKRI begitu proklamasi dikumandangkan.

Joga juga tercatat menyediakan diri sebagai Ibukota RI di saat situasi umum Indonesia sedang genting.

Scroll To Top